Random Rabu

Yang namanya kontemplasi sumbernya memang datangnya dari mana saja. Kontemplasi terakhir saya dari sebuah video tentang “Bagaimana Merebus Air” dengan quotenya “A hot stove is the third most dangerous thing in the kitchen, next to dulled knives and complexities of human ego”.

Complexities of human ego.

Frasa ini mennyentil saya tentang sikap saya yang cenderung tidak sabaran terutama ketika menghadapi sikap dan keputusan orang yang menurut saya ga logis. Lidahnya pasti gatal pengen komen. Kadang-kadang dibarengin sarkasme. Dan saya biasanya berlindung dibalik alasan, ” biar orangnya berubah sihhh”, kalo ditanya kenapa saya melakukan hal seperti itu.

Yang baru saya sadari kemudian di usia 26 tahun ini (telat banget sih beb), ada banyak faktor yang menyetir manusia dalam mengambil keputusan. Bagi kebanyakan orang logika hanya satu faktor kecil. Pada kenyataannya, tindakan dan keputusan kita sehari-hari lebih banyak di dominasi oleh ego.

Jadi ketika saya mengusik seseorang yang sedang didominasi oleh egonya dengan logika saya, menurut sosodara apa yang akan terjadi? Alih-alih bisa merubah orang, adanya saya di betein. Syukur-syukur ga dimusuhin.

Human egos are complex indeed. Dan yang telat saya sadari bahwasanya kemampuan untuk menyikapi ego lawan interaksi dengan baik dan benar adalah keahlian hidup yang harus terus-terusan diasah. Susah. Triknya banyak bener, dan setiap orang berbeda-beda. Tetapi ada saja loh beberapa orang yang sangat natural dalam melakukannya, menyikapi ego lawan interaksinya. Orang-orang yang selalu bikin saya penasaran. Mereka makan apa, sih? Long way to go for me.  

#badwritingisbetterthannothingatall

 

 

 

 

Advertisements

7 thoughts on “Random Rabu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s