~Jumat Barokah

Di waktu-waktu saya membawa bekal makan masakan sendiri ke kantor, hampir selalu saja ada yang berkomentar , “wow, sehat banget!”. Biasanya karena melihat porsi sayur saya atau karena menu-menu rebusannya. Padahal mah belum liat aja cemilannya diluar porsi utama seperti apa.khekhe.

Bicara tentang hidup sehat ini, kemudian mengingatkan saya pada perbincangan singkat dengan seorang senior favorit, tentang pemaknaan membaca lafaz Bismillah sebelum makan. Beliau menjelaskan bahwa dengan membaca bismillahirahmanirrahim, berarti kita meyakini bahwa Allah SWT, pencipta kita dan semesta alam, memiliki sifat maha penyayang dan maha pengasih kepada semua ciptaannya dan karenanya semestinya membuat kita juga bersikap sayang dan kasih terhadap diri kita, tubuh kita. Kemudian, dengan mengucapkan lafaz Bismillah sebelum makan berarti kita melakukannya karena perasaan kasih dan sayang terhadap tubuh kita. Nah, jika kita melakukan aktivitas makan karena perasaan kasih dan sayang ini, ga mungkin dong kita memasukkan apa yang merusak tubuh ke dalam tubuh kita? Jadi, lafaz Bismillah semestinya menjadi filter pertama kita dalam memilih apa yang kita masukkan ke dalam tubuh kita. Makan makanan-makanan sehat dan menjaga tubuh kita dari racun dengan berbagai macam bentuknya bisa jadi salah satu bentuk implementasinya. Hebat sekali ya. Saya ga pernah kepikiran aja sebelumnya bahwa hal simpel seperti membaca bismillah sebelum makan bisa sedalam itu maknanya.

Susah sih melaksanakannya. Resolusi ngurangin kopi si saya saja cuma berhasil sebulan, itupun karena bulan puasa. :D. Tapi saya pikir, salah satu poin dasar tentang menjadi muslim itu adalah tidak pernah berhenti berusaha bergerak ke arah yang baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s