Berburu Langit Timur (Labuan Bajo-Lombok, bagian I)

15 April 2014, hari kelima dari perjalanan saya ke Flores.  Hari yang menyenangkan walau tidak ada yang hal yang begitu spesial yang bisa diceritakan. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, hari itu saya dan Dinna mengambil paket trip ke bebepa spot terumbu di sekiataran Labuan Bajo dari dive center Paradise Comodo (Akhirnya ingat nama tempatnya setelah dikasih tau dinna, sayang situsnya tidak terlalu update, tapi layanannya oke kokk ).

Hari itu saya jadi turis selow dengan kegiatan-kegiatan liburan ala-ala liburan laut pada umumnya : berenang-makan-berjemur-berenang-makan-berjemur.  Rombongan trip itu terdiri dari beberapa belas orang, dan selain para awak kapal, pribuminya cuma saya dan Dinna. Kami dibawa ketiga spot, dan dari keterangan para kru disimpulkan bahwa kami kurang beruntung karena jadwal trip hari itu bukan menuju spot-spot terbaik di Labuan bajo . Dan karena memang spot-spotnya tidak begitu bagus jadi saya tidak mengingat namanya karenanya maafkan saya karena paragraf ini tidak berguna bagi anda para pencari informasi. :p.

Spot kedua sebenarnya lumayan bagus walau terumbu karangnya tidak terlalu luas, Batu Bolong namanya.   Arusnya cukup kuat karenanya para peserta diwanti-wanti untuk tidak berenang melewati batas wilayah yang dibolehkan. Saya berharap bisa melihat penyu saat berenang ditempat ini karena katanya disini salah satu spot yang terdapat banyak penyu, sayangnya tidak. Tapi sebelum pergi meninggalkan kawasan itu, ada seekor penyu menyembul ke permukaan. Lumayan mengobati hati.

Zoom maksimal si ganteng :)). Bisakah anda melihat penyu di foto ini?
Zoom maksimal si ganteng :)). Bisakah anda melihat penyu di foto ini?

Yang paling mengobati hati, di spot ketiga, dekat pulau Rinca, saya dikasih kesempatan oleh kru untuk belajar diving gratis ditemani salah seorang guide professional mereka. Super senang saya langsung mengangguk iya ga pake malu-malu saat ditawarkan. Scuba dive pertama saya (berat ya ternyata alat-alatnya), nyemplung ke bawah dengan bekal teori-teori dasar Diving tentang equalizing dan bouyancy dari cerita-cerita Dinna. Untungnya guidenya sabar sekali menemani, hampir sepanjang waktu menahan saya yang tiap kali menarik nafas langsung naik keatas dan tiap kali menghembuskan nafas turun langsung ke dasar. :)) Saya  dibawa hingga kedalaman 12 meter oleh guidenya, hampir 60 menit dibawah sana. Spotnya tidak terlalu bagus, tapi ada banyak makluk-makluk laut kecil dan baru pertama kali saya lihat. Ketika sampai diatas, saya dikasih tau Dinna kalau yang saya lihat itu binatang berbahaya semua. Golden Lionfish, Stonefish, ular laut,untung dikasih taunya udah diatas,haha. Rasanya sudah lama sekali  saya melakukan hal baru untuk pertama kalinya, euphoria senangnya tersisa berjam-jam setelahnya. Lalu saya membuat janji dengan om guide, lain kesempatan ke Labuan Bajo lagi saya sudah punya sertifikat.

Cerita apa lagi ya.

Oh ya, ada pelangi dalam perjalanan pulau ke Labuan Bajo. Saya lupa kapan terakhir kali lihat Pelangi. Pelangi dan Sunset jadi penutup sore yang sempurna setelah tadi pagi dimanjakan pemandangan purnama diatas laut dari depan penginapan.

Pembuka Pagi
Pembuka Pagi
Penutup Hari
Penutup Sore

Ah maafkeun, sub chapter  ini isinya kesenangan pribadi semua :D. Tidak banyak foto-foto juga karena hari itu lebih banyak di air dan saya tidak punya kamera tahan air.

***

2 hari selanjutnya perjalanan kami masih ala-ala turis pantai. Tapi turis kere ala kadarnya.  Kami mengambil paket sailing trip dari Perama Tour. Paket dek tentu saja. Start di Labuan Bajo dan berakhir di Lombok. Trip perjalanan dimulai dari tanggal 15 sore dengan agenda makan malam, welcoming party, dan istirahat. Kapal ditambatkan di pesisir Labuan Bajo dan akan berangkat subuh besok harinya, karenanya peserta sudah mulai tidur dikapal malam itu.

Kami kelewatan agenda makan malam di kapal hari pertama , karena baru sampai malam hari di Labuan Bajo setelah trip dari Paradise.  Hampir jam sembilan ketika kami check-in di kantor Perama Tour, tidak terlalu jauh dari pelabuhan. Kapal ditambatkan agak di tengah karenanya kami diantarkan ke kapal menggunakan boat kecil. Dari cerita-cerita yang perjalanan para pejalan yang pernah ikut sailing trip masalah paling sering muncul adalah mengenai air minum, makanan kecil, dan mandi. Karenanya kami memenuhkan tas dengan amunisi air putih, minuman bergula, dan jajanan sebelum ke kapal.

Dannnnn, welcoming party di itinerary ternyata benar-benar parteh ala-ala barat yang selama ini cuma saya lihat di pilem-pilem. Dek bagian bawah disulap jadi dance floor lengkap dengan lampu disconya, dimana-mana orang-orang memegang kaleng bir. Untungnya kami diselamatkan oleh seorang kru kapal yang langsung mengantarkan kami ke dek atas, walaupun sebenarnya jatah tempat tidur kami di dek bawah.   Alhamdulillah bisa langsung istirahat walau ditemani musik ajeb-ajeb dari lantai bawah.

Kelas dek ternyata tidak seburuk yang saya bayangkan. Di dek telah disediakan bantal dan matras-matras yang cukup nyaman untuk tidur, sekeliling jendela ditutupi terpal disaat jam tidur jadi lumayan terlindungi dari angin Laut. Tapi tetap saja namanya tidur di Dek, tidur masal, artinya selalu saja ada orang lalu lalang melewati kaki anda saat tidur. Yang memiliki batas privasi tinggi tidak disarankan mengambil paket ini. Sisi baiknya dalam beberapa waktu saja kita sudah mengobrol dengan banyak orang disini. Selain hemat tentunya : ga perlu mengeluarkan biaya tranportasi Labuan Bajo ke Lombok, ga perlu mengeluarkan biaya penginapan untuk dua hari, sudah include makan pula *keluar Padangnya*. Dan seperti trip dengan Paradise, di trip ini yang ber ktp Indonesia selain kru kapal cuma saya dan Dinna.

Tips, jangan lupa bawa Sleeping Bag! Sarung sebenarnya bisa menggantikan, tapi yang pengen lebih aman biar posisi tidurnya bisa sedikit terkendali dan seluruh tubuh bisa tertutupi, sleeping bag lebih disarankan.

Pemandangan kota Labuan Bajo dari pelabuhan

 

Bersambung..
Advertisements

4 thoughts on “Berburu Langit Timur (Labuan Bajo-Lombok, bagian I)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s