Eksplorasi Bandung Selatan dan Teras Nusantara

Salah satu desa kecil yang saya senangi di Bandung Selatan adalah desa Cibatarua, dapat dicapai dengan 1-2 jam perjalanan kendaraan dari kota Pangalengan melewati jalan-jalan batu ala desa di pegunungan. Bentang alamnya jangan ditanya. Hamparan kebun teh sejauh mata memandang dipagari gunung-gunung di sekelilingnya, dikombinasikan dengan keramahan menyenangkan dari penduduk membuat desa ini sangat berbeda. Hal lain yang saya cari-cari ketika datang ke desa ini yaitu, tehnya! Minuman yang dibuat dari daun teh segar hasil produksi tanah desa ini sendiri.Rasanya sangat khas. Konon katanya produksi teh desa ini hanya untuk di impor ke luar.

 
Kebun Teh Desa Cibatarua
Jika kita terus mengeksplorasi ke arah selatan dari desa ini, kita akan menemui sebuah tegalan (padang rumput) di lembah yang luas sekali, yang oleh warga sekitar dinamakan tegal panjang, dengan ukuran 46.831 hektar. Dipagari oleh 2 gunung di bagian timurnya, tegalan ini seperti wujud 3 dimensi raksasa dari lukisan pemandangan khas kanak-kanak. Tersembunyi diantara Gunung Puntang dan Gunung Papandayan, tempat yang belum sering terjamah manusia ini menawarkan keheningan dan suasana alam yang asri. Tempat ini dapat dicapai dengan treking 4-6 jam perjalanan dari desa Cibatarua, setelah berjam-jam di dalam hutan tertutup, rasa lelah akan terbayar tuntas begitu hutan membuka dan kita disajikan pemandangan lembah ini. 


 

 Kabut Pagi Tegal Panjang


Jika anda memiliki waktu liburan satu hari lagi, kita dapat terus mengikuti jalur kearah timur, selama 4-6 jam perjalanan, kita akan sampai di kawah Papandayan, Garut!

 
 Menuju Kawah Papandayan

 

 
Kawah Papandayan
 

Dari kawah Papandayan kita dapat meneruskan perjalanan menggunakan kendaraan dan menikmati wisata terkenal kota garut, pemandian air panas Cipanas. Anda dapat berendam di kolam air panas untuk menghilangkan lelah setelah 2 hari perjalanan treking. Dan untuk waktu yang tersisa, kita dapat mengitari kota Garut untuk mencicipi kulinernya yang khas.

Untuk anda yang hanya memiliki waktu liburan 2 hari, kita dapat kembali ke desa Cibatarua pada hari II dan melanjutkan perjalanan di desa Malabar. Desa ini memiliki banyak sekali kolam pemandian air panas alami untuk anda melepas lelah. Dan anda dapat mencicipi kuliner khas kota Pangalengan setelahnya.

*** 

Jadi ceritanya saya dan teman-teman se angkatan diorganisasi yang mewadahi kami dahulu sedang iseng-iseng mencoba membuat bisnis kecil-kecilan. Idenya, untuk investasi masa depan dan tentu saja mewadahi agar keinginan kami menapaki sudut-sudut Indonesia ini tidak lenyap ditelan pekerjaan, untung-untung memberikan kami penghasilan tambahan. Jadi, kami buatlah sebuah wadah untuk menampung hasrat kami ini, kami namai  TERAS NUSANTARA. Masih Under Maintenance, artinya semuanya masih serba impulsif, belum terstruktur dengan rapi karena keterbatasan sumber daya manusia (kami sudah bekerja semua dan tinggal di kota yang berbeda-beda), tapi kami menjanjikan servis terbaik untuk klien kami. *jadi promosi, hihi* . Dalam beberapa jangka waktu ke depan, kami baru menyediakan trip-trip mengelilingi Jawa Barat, tetapi untuk jangka panjang, tentu saja kami ingin membuat trip ke penjuru Indonesia. *amin, amin*.  Dan tidak hanya megantarkanmengunjungi tempat indah saja, kami berharap bisa bersama-sama belajar budaya dan kearifan-kearifan lokal Indonesia bersama teman-teman kami. 🙂

  

Nah, untuk saat ini, salah satu trip yang kami sediakan adalah trip perjalanan ke Bandung Selatan ini. Jadi, untuk anda yang  ingin sekali kesana tetapi tidak pernah mencoba melakukan perjalanan sendiri, atau tidak punya waktu untuk mempersiapkan keberangkatan, saya dan teman-teman saya di  menyediakan trip perjalanan murah meriah untuk anda. *Maafkan trik marketing murahan saya, hehe*.Buat yang tertarik, dapat langsung membuka link teras nusantara diatas yang keatas yang akan menghubungkan anda ke page Teras Nusantara. Semoga ada yang tertarik ya! Can’t wait for a journey with you 🙂

Advertisements

6 thoughts on “Eksplorasi Bandung Selatan dan Teras Nusantara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s