Karimun Jawa

Salah satu tempat yang akan saya rekomendasikan kalau seseorang menyebutkan pantai untuk adalah Karimun Jawa. Jangan membayangkan suasana yang sama dengan di pantai-pantai di Pulau Bali atau Gili-gili di Lombok yang sudah didesain sedemikian rupa, untuk menarik turis asing. Jalan-jalan dipulau ini kecil, dengan aspal yang belum sempurna tetapi dengan tata pemukiman yang rapi, rumah-rumah dengan arsitektur sederhana,. Kapal-kapal nelayan bertebaran di pinggiran pantai. Jadi jangan berharap akan menemukan kafe , coffe shop, atau restoran mewah. Ada beberapa resort dan hotel, tapi tidak terlalu banyak.

Kata yang saya gunakan untuk mendeskripsikan pulau ini yaitu : Original. Atmosfer nya benar-benar khas pulau-pulau kecil Indonesia. Tapi ibarat gadis, pulau ini tidak perlu berusaha terlalu keras untuk mempercantik diri demi menarik perhatian orang, sudah cantik dari lahirnya.

Keunggulan utamanya tentu saja keindahan bawah lautnya, selain pantai-pantai putih bersih dengan suasana yang khas. Sebagai nilai tambah, keramahan penduduknya. Dua kali kedatangan saya ke pulau ini, saya masih saja terkesan dengan keramahan dan ketulusan apa adanya penduduk pulau ini. Walaupun semakin terkenal kesininya, penduduk pulau ini tidak terkena virus matrealistis yang sering merusak penduduk-penduduk penghuni daerah wisata. Saya mengagumi mereka untuk hal ini.

Banyak paket-paket wisata yang disediakan untuk anda yang berminat ke pulau ini (silahkan browsing di internet). Tapi menurut saya, untuk lebih merasakan sensasi “keoriginalan” desa ini, cobalah mengatur perjalanan sendiri.Tidak terlalu susah, karena akomodasi pulau ini sudah cukup lengkap dan memadai. Ajak beberapa teman anda untuk meminimalkan biaya perjalanan. Berikut  beberapa informasi dasar yang bisa digunakan :

Transportasi

Ada 3 alternatif kapal dari dan ke Karimun Jawa

1.Kapal muria

  • Harga tiket :  31.000 (one way)
  • Lama perjalanan : +/- 6 jam
  • Jadwal 

             Jepara – karimun jawa  : senin rabu sabtu (berangkat jam 08.00 wib)

             karimun jawa -jepara    : selasa kamis minggu (berangkat jam 10.00 wib)

2.Kapal Bahari express

  • Harga tiket : 84.000
  • Lama perjalanan  +/- 2 jam
  • Jadwal

             Jepara-Karimun jawa : senin (10.30),  selasa (10.30), jumat (14.00) sabtu (10.30)

             Karimun jawa-jepara : senin (13.00), rabu (10.30),  sabtu (08.00), minggu (14.00)

3. Kapal kartini express

Untuk kapal yang ini saya ga tahu harganya, hehe (coba tanya mbah google) Keberangkatan dari semarang setiap sabtu (09.00) wib dan senin (07.00 wib). Untuk keberangkatan kembali menuju semarang dari karimun setiap hari minggu (13.00 wib) dan Selasa (11.00 wib).

 

Penginapan

Mayoritas penginapan dipulau ini adalah tipe homestay. Harganya variatif, mulai dari 5 digit hingga enam digit per ruangan. Untuk tipe homestay, biasanya tidak terlalu dibatasi jumlah penghuni dalam satu kamar, karenanya semakin banyak anggota rombongan, dan selama anda tidak keberatan tidur beramai-ramai dalam satu ruangan, biaya yang harus anda keluarkan untuk penginapan tidak akan terlalu banyak. Untuk yang lebih mengutamakan privasi, ada juga hotel dan resort. (Ga pernah nyoba juga, dan gatahu harganya, mbah google pasti lebih tahu ,hehe). Tapi buat anda yang tidak hanya ingin melihat keindahan bawah laut tapi juga merasakan atmosfer desanya, saya lebih menyarankan homestay. Jika punya waktu lebih, bisa mencoba mengikuti aktivitas sehari-hari mereka, anda akan merasakan pengalaman yang berbeda.

Transportasi di pulau

Penting untukdiketahui, disana ga ada angkot ato kopaja, adanya becak kayuh, jalur terbatas, Pelabuhan- kota Karimun dan sekitar kota. Untuk menuju ke pusat desa dari pelabuhan yang jaraknya sekitar 1 km, tarifnya sekitar 10 ribu ( update terakhir saya mei 2012). Kalau ingin mengelilingi pulau, anda dapat menyewa sepeda kayuh atau sepeda motor. Tarifnya  50K/ hari untuk sepeda kayuh, dan 75K/ hari untuk sepeda motor.

Karimun jawa memiliki banyak pulau-pulau kecil di sekitarnya, pulau-pulau kecil inilah yang biasanya menjadi tujuan utama wisatawan. Jika tidak menggunakan jasa agen wisata, anda bisa menyewa perahu untuk menuju pulau-pulau ini. Tarifnya beragam tergantung jarak pulau yang dituju. Untuk penyewaan perahu perhari harganya mulai dari 250K. Kapasitas perahu hingga belasan orang. Tapi penting untuk membawa guide, untuk menghindari tempat-tempat yang berbahaya dan mendapatkan rekomendasi tempat snorkeling/diving yang bagus.

Penyewaan Alat

Ada banyak tempat penyewaan alat snorkeling dan diving di desa ini, jadi tidak perlu khawatir buat yang malas repot bawa-bawa alat. Untuk yang menggunakan jasa agen wisata, tentu saja sudah disediakan oleh agennya.

 

Demikian beberapa informasi dasar yang saya coba rangkumkan. Semoga membantu! 🙂

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s