stitch dye-ing

Saya belajar teknik baru membuat pola pada kain d ikelas krira, namanya stitch dye.Masih main celup-celupan kayak tie-dye, tapi ga langsung diiket kayak tie dye. Kainnya dijahit terlebih dahulu membentuk pola yang ingin kita bentuk dengan benang yang rada tebel.Setelah dijahit, benangnya ditarik hingga kainnya mengkerut maksimal lalu kedua ujung benang diiket dan setelah itu baru dicelup. Setelah dicelup, ikatan-ikatan dan semua benang dilepas. Jika ngiket dan jahitannya bener, maka garis jahitan tidak akan terkena pewarna sehingga membentuk pola tertentu. saya mencobanya dua kali, yang pertama gagal,hehe.dan yang kedua saya menjahit pola kupu-kupu dikain,dan hasilnya lumayan deh :p
 
tadaaa

Lalu diajarin metode lain untuk menghasilkan corak tertentu, jadi kainnya dibentuk pleats terlebih dahulu, lalu baru dijahit. Saya menjahit kain searah dengan lipatan pleatsnya, dan beginilah hasil polanya :

Lebar lipatan pada pleats, dan pola jahitan seperti jarak benang dan arah menjahit akan menentukan pola yang terbentuk.Jadi beda jahitan hasil polanya juga akan berbeda.Nanti kalo ada waktu eksplor-eksplor lagi deh. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s