eksim oh eksim

Dan akhirnya saya ke dokter spesialis kulit (lagi) setelah lebih 7 tahun, dan sialnya, untuk penyakit lama yang tiba-tiba kambuh lagi.

Ihwal si penyakit ini pertama kali muncul seingat saya ketika menggunakan sabun colek merk-entah-apa selama beberapa waktu buat mencuci piring.Saya kelas 2 smp waktu itu.
Beberapa saat kemudian kulit jari telunjuk saya mulai meradang.Seperti ada gelembung-gelembung cairan dibawah lapisan kulit yang lalu meletus. Lapisan yang meletus ini biasanya nanti akan mengering dan mengalami penebalan, gatal sekali, dan seringnya saya ga tahan buat menggaruk.Akibatnya, mengelupas dan biasanya berdarah, yang ini bikin rasa sakitnya berlipat ganda.

Saya kedokter setelah si penyakit tidak ada tanda-tanda membaik dan malah menyebar keseluruh jari-jari tangan kanan saya, tetapi karena pengobatannya terputus-putus (mahal boooo obatnya, bikin miskin), dan karena saya masih sering megang deterjen dan sabun-sabun berat, si penyakit baru benar-benar sembuh setelah satu tahun.
Selain ke dokter, kadang-kadang saya juga minum jamu cuci darah yang pahitnya naujubillah, Cukup membantu, tetapi kalau saya berhenti mengkonsumsi jamunya, si penyakit berkembang lagi. Dan setelah si penyakit sembuh si ibu membebastugaskan saya dari semua pekerjaan rumah yang mengharuskan memegang deterjen dan sejenisnya.hehe.:P

Dan saya mulai bersentuhan dengan deterjen lagi ketika kuliah, secara saya anak kost-an yang ga punya biaya buat bayar pembantu.Awalnya cuma buat nyuci piring,tetapi saya hati-hati nyari sabun yang kira-kira aman.Buat nyuci baju biasanya saya kasihin ke laundry.Tapi akhirnya setelah berkali-kali dibikin sebel sama laundry gara-gara baju sering ga bersih, sering rusak, dan kadang hilang, akhirnya saya milih nyuci baju sendiri.Dan syukurnya, tidak ada tanda-tanda si penyakit muncul kembali. Karena ngira si penyakit udah sembuh total, saya ga begitu hati-hati lagi kalo milih sabun.Kira-kira 2 bulan yang lalu, ketika saya main ke kampus tetangga, saya nyuci tangan pake sabun colek.Dan tadaaaa, di jari tangan saya muncul lagi gelembung-gelembung aneh itu.Dan saya kedokter sebelum di penyakit jalan-jalan kebagian kulit saya yang lain.

Kata mbak dokter cantik, penyakit saya itu, namanya eksim, sejenis alergi kulit.Penyebab dari eksim sebenarnya belum diketahui dengan pasti, namun beberapa ahli mencurigai eksim berhubungan dengan aktifitas daya pertahanan tubuh (imun) yang berlebihan. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritan yang sebenarnya tidak berbahaya pada kulit.Beberapa material yang dapat memperburuk eksim adalah pasir, debu, deterjen, sabun, busa sabun, parfum, stres, gangguan emosi, klorin, serta penggarukan dan penggosokan. Suhu lingkungan yang ekstrem, seperti cuaca dingin dengan kelembaban yang rendah dan udara kering, juga memperburuk penyakit ini.Pada beberapa kasus, alergi terhadap makanan juga memengaruhi eksim. Contohnya makanan seperti susu sapi, ikan, telur, jeruk, kacang, dan gandum. Eksim banyak ditemukan pada keluarga dengan riwayat penyakit alergi atau asma.(kata mbah wikipedia sih)

Diagnosa untuk saya kemungkinan karena kontak dengan bahan kimia yang dikandung si sabun colek, selain juga riwayat keturunan (Penyakit turunan dari si ayah kayaknya, karena hampir semua anggota keluarga saya punya masalah dengan kulit kecuali ibu).

kata mbah wikipedia lagi,
Eksim ringan tidak memerlukan pengobatan, tetapi hidrasi kulit harus dijaga supaya tidak terlalu kering. Di antaranya dengan menggunakan krim hidrokortison pada area kulit yang terinfeksi beberapa kali dalam sehari. Untuk penderita eksim akut, dapat menggunakan krim steroid atau obat antihistamin untuk mencegah atau mengontrol rasa gatal. Beberapa pengobatan lain untuk mengatasi eksim meliputi kompres dingin, antibiotik, kortikosteroid, dan fototerapi

Buat saya, kemarin diresepin mbah dokter cantik ezerra cream buat moisturize, dua obat minum yang saya tidak tahu jenisnya apa (katanya buat mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa gatal), sama satu salep racik buat mencegah peradangan.Harganya bikin saya nangis.:(.
Tetapi daripada daripada ya sudahlah.
Selain itu sama si dokter dilarang bersentuhan dengan sabun-sabun berat, deterjen, dan antiseptik.Jadi sekarang kalo mau nyuci piring atau nyuci baju saya make sarung tangan plastik. Repot deh pokoknya.
Tetapi demi si penyakit cepat sembuh saya lakukan deh.

Memang mencegah itu lebih baik daripada mengobati sodara-sodara.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s