Sedikit Penyambutan untuk Mereka yang Muda

Jadi begini lah selalu biasanya setiap tahunnya saat rangkaian acara penerimaan mahasiswa baru :

Saat ada mobilisasi mahasiswa-mahasiswa yang melewati tempat-tempat terbuka dikampus, atau saat mahasiswanya sedang berada dilapangan terbuka, biasanya moment ini dimanfaatkan massa kampus *selain panitia acara* untuk berinteraksi dengan mahasiswa-mahasiswa baru dengan cara *yang dianggap panitia acara* rada ekstrim dan menganggu serta menganggu flow acara. Biasanya masa kampus berkerumun dibeberapa titik-titik terbuka yang akan dilewati mahasiswa yang sedang ospek.

Nah, saat-saat seperti inilah panitia divisi keamanan unjuk gigi jadi tim hero, bikin pagar betis sepanjang barisan mahasiswa baru ,ceritanya biar kerumunan masa tidak bisa terlalu dekat dengan mereka.Tapi ya cukup sampai situ, kakak-kakak divisi keamanan ini  *yang biasanya masang wajah angker jutek setengah mati* ga bisa menghalangi masa buat berteriak-teriak ribut dengan celetukan-celetukan atau melakukan aksi-aksi aneh *lah piye, wong panitianya rata2 mahasiswa tingkat 2, + masa kampus pasti lebih banyak daripada panitia

Tujuan masa ini?
macam-macam.

Ada yang propaganda,menyampaikan pesan-pesan idealisme kemahasiswaan yang pastinya tidak disampaikan dalam serangkaian acara penerimaan mahasiswa baru itu *pesan-pesan yang dianggap bisa menganggu kestabilan birokrasi rektorat dan sejenisnya*,
atau sekedar meneriakkan kritik-kritik sosial kepada mahasiswa-mahasiswa lugu polos tak berdosa belum mengerti apa-apa itu.
golongan yang ini biasanya menganggap acara orientasi kampus yang dirancang panitia KM ga cukup memuaskan. atau dianggap ga mewakili pengenalan kemahasiswaan seutuhnya.

“tau kalian mahasiswa itu apa?”
“siapa yang membayar kalian?”
“berapa spp kalian?”
“ngapain kalian masuk ITB?”
“ITB bukan tempat orang manja”


Ada yang pengen cuci mata, sekalian ngecengin mahasiswa baru.

“prikitiw, neng yang sepatu biru,sini dong”
“neng, kenalan dong”

ada yang sekedar pengen nyampah, gangguin mahasiswa baru (lumayan,ada hiburan,ngebuli-buli anak baru)

“hey, yang itu ngapain jalannya nunduk2?”
“sini-sini dek, ngapain sih capek-capek ikut ospek?”
“dek, itu resletingnya kebuka”-njis.

 
ini contohnya

Ada juga , yang sekedar pamer eksistensi.

Seperti itu setiap tahun.panitia yang kewalahan, masa kampus yang iseng minta ampun, dan mahasiswa baru yang tidak tau apa-apa,saling menonton.

Yah,Dan begitulah.Sedikit pesta penyambutan non formal untuk adik-adik baru oleh masa kampus.Walaupun sedikit bikin ribut, dan sedikit menyebalkan, setidaknya memperlihatkan masa kampus masih bersemangat menyapa penghuni baru kampus yang akan menjadi rekan se almamater.Dan setidaknya memberi sedikit warna sehingga acara orientasi kampus tidak jadi acara monoton membosankan sekitar mendengarkan seminar disabuga, baris berbaris, mobilisasi, atau  mendengarkan kakak-kakak panitia ngomel-ngomel.*piss ah 😀

Anyway, selamat datang ITB 2011.
Tempat ini tidak se-ideal jargonnya, “institut terbaik bangsa”,
tapi ini adalah tempat hebat super heterogen dimana anda bisa belajar banyak hal : hal baik ,hal buruk, atau bahkan tidak belajar sama sekali selain apa yang diberikan dikelas.
Selamat belajar, Selamat mencari!
Jangan lupa tetap membumi dan jadi manusia yaaaa
🙂

Advertisements

3 thoughts on “Sedikit Penyambutan untuk Mereka yang Muda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s